Sejarah Bungabondar

Bismillahir Rahmanir Rahim – In the name of Allah Graceful and Merciful

Segala puji bagi Allah yg Maha Suci dan Maha Besar yang telah menciptakan keindahan Bungabondar…

FB_IMG_1525097628688

Huta/kota ini sejak ratusan tahun lalu ditempati oleh nenek moyangku sejak Raja Dongoran (Ompu Doro) memindahkan kota/huta kerajaan Siregar Salak dari Hasona/Pagaran Julu ke Bunga Bondar.

Pemandangan Dolok Mangomgom di ambil dari dekat makam Ompu Doro

Raja Dongoran (Ompu Doro) adalah pemimpin Siregar Salak  yang bermigrasi dari daerah Salak – Kab Dairi ke kaki Gunung Sibual-buali yang kemudian dinamai dengan kerajaan Baringin Tumburjati oleh Ompu Salakkan Raja – putra pertama Togar Natigor Siregar dari istri boru Sagala .

“Baringin” adalah nama teritory yang biasa digunakan oleh keluarga Siregar sebagai daerah kekuasaan “Ompu Palti Raja/Ampu Patih Raja”, merupakan sentral peribadatan orang Batak/Debata di zaman itu. Baringin (pohon beringin) merupakan pohon yang sangat rindang, kokoh, tinggi menjulang tinggi ke langit dan umurnya bisa sampai ratusan tahun sampai beberapa generasi dan dipercaya sebagai tempat persinggahan roh-roh nenek moyang sebelum naik-turun ke Banua Ginjang.

“Tumburjati”, dipercaya merupakan pohon kehidupan yang terasa rindang bagi semua penghuni Banua Ginjang atau kahyangan (Dunia Atas atau Dunia Debata/Tuhan)g, taman tersembunyi yang menyimpan hal-hal rahasia dan gaib, yang kelihatan selalu ramai seperti ranting dan daunnya. Di sanalah mereka mendapat pengetahuan atas berbagai hal, termasuk kodrat masing-masing. Kalau daun Tumburjati gugur, semua penghuni kahyangan langsung dapat mengartikannya. Daun-daunnya yang menangkup ke lapis langit pertama dan tertinggi seakan memohon agar tidak gugur sebelum waktunya. Namun ada kalanya dari daun termuda terpaksa jatuh bersama ranting yang patah. Di puncak ketinggian pohon kehidupan itu hinggap seekor unggas bernama Manuk/ayam Hulambujati. Tidak terbayangkan ketinggian pohon kehidupan itu. Sehingga ada kalanya nama pohon itu disebut Hariara Sundung di Langit, yang artinya beringin yang condong di langit. Manuk Hulambujati tentu selalu hinggap di puncaknya pada waktu-waktu tertentu; di suruh atau tidak. Namun unggas itu adalah induk tiga telur besar yang pernah mengandung Batara Guru serta dua dewa lain yang bernama Debata Sori dan Mangalabulan. Suatu ketika juga Manuk Hulambujati bersedia mengeramkan tiga telur lagi; kelak yang dikandungnya adalah pasangan ketiga sang dewa. Simbol Ayam/Manuk ini sering di letakkan di atas atap rumah orang-orang Batak yang masih percaya dengan sinkretisme tersebut.

Jadi, “Baringin Tumburjati” merupakan simbol yang menjembatani antara kehidupan dunia dan kehidupan Ketuhanan menunjukkan bahwa dahulu kala orang-orang marga Siregar Salak di daerah ini sangat suka dengan hal-hal religius dan ritualitas.

Kita turunan ompu Raja Dongoran Siregar bukan berarti kita Siregar Dongoran, itu hanya kebetulan beliau mengambil nama pendahulunya yaitu anak ketiga dari Togar Natigor Siregar.

Begini ceritanya, semua itu berawal dari perpindahan marga Siregar Salak ke Tapanuli Selatan mengikuti perpindahan keluarga Dinasty Sori Mangaradja dari daerah Salak – Dairi yg selalu kita anggap sebagai mora pembawa Sahala dalam keluarga Siregar Salak. Hijrah ke daerah selatan adalah pilihan bagus, karena secara politik kerajaan Batak yg dipimpin dinasty Tetea Bulan praktis sudah terpecah….komunitas Saribu Raja (yg biasanya jadi pemangku Jonggi Manaor dan Ompu Palti Raja) sebagai pendukung terdekat Dinasty Sorimangaradja pun kebanyakan sudah mulai bermigrasi ke daerah Selatan yang secara ekonomi lebih menjanjikan. Itu sekitar 600 – 700 tahun yang lalu.

Tepatnya di Lobu Hasona (di kaki gunung Sibual Buali), Ja Nabenggar alias Salakkan Raja alias Ompu Sahala Raja yang merupakan kakek dari Sahala Raja alias Ompu Palti Raja membangun peradaban baru yang kemudian disebut Kerajaan Baringin Tumburjati. Disebut Siregar Salak kalau menurut hikayat turun temurun yang kita terima adalah karena memang kita adalah Siregar yang berasal dari daerah Salak – Dairi sekitar Sianjur Mulana…. yg sejak kecil tinggal bersama disnasty Sagala (Sorimangaradja). Dikemudian hari banyak keluarga Siregar Salak yg melupakan ini karena sudah banyak dipengaruhi olah pemalsuan sejarah yg dibuat2 Belanda untuk mempermudah penundukan bangsa Batak. Catat bahwa, bangsa kita menjadi pecundang karena tidak mengerti dan tidak menghargai sejarah. Sejarah sangat penting sebagai audit trail untuk memperbaiki peradaban yg salah arah. I really note this think in my mind, once i birth…my grand father sound me Allahu Akbar and explained how DNA-Siregar Salak came to me. The culture: Family is high priority in our life.

Kemudian Kerajaan Baringin Tumburjati berkembang pesat, terutama setelah diakuinya Sahala Raja oleh seluruh keturunan Tetea Bulan menjadi pemangku gelar Ompu Palti Raja di seluruh Tanah Batak. Dikemudian hari untuk memperkuat posisi kekuatan Baringin Tumburjati, Sahala Raja menciptakan dua kepangeranan penyokong (buffer) yaitu Salagundi dengan pamannya Sayur Matua sebagai prince dan Sibadoar-Sipirdot dengan anak bungsunya Ompu Ni Hatunggal sebagai prince. Kalau dilihat dari penamaan seharusnya masih tetap berinduk ke kerajaan Baringin Tumburjati.

1. Baringin Tumburjati: meliputi seluruh luat Sipirok sampai Padangbolak harangan, Hasona, Baringin, Parandolok, Mandurana, Simagomago, Bungabondar, Arse, Liang,Gadu, Nagasaribu –>Ompu Palti Raja digantikan oleh Raja Ompu Ni Parlindungan anak tertua yang paling dekat dengan keluarga Sori Mangaraja karena istrinya boru Sagala. Raja Ompu Ni Parlindungan adalah salah seorang Prince yang berhasil membangun kembali kekuatan lembaga kerajaan Batak Sori Mangaraja, dan di zaman beliaulah marga Siregar berhasil memenangkan perang terhadap Bakkara dan membunuh pangeran Si Singamaraja-IV dalam perang tanding di Silindung dan Humbang. Dan di zaman beliau jugalah kelompok Siregar dan Sagala bermigrasi ke daerah Angkola dan Padanglawas.

2.Salagundi: Salagundi, Parau Sorat –> Sayur Matua

3. Sibadoar-Sipirdot: Sibadoar, Sipirdot, Dolok Hole –> Ompu Ni Hatunggal sebagai anak terkecil merupakan penasihat spritual – Sibaso dan kawin dengan marga Harahap.

Sudah menjadi budaya turun temurun, yg diangkat menjadi raja Sahala adalah yg memiliki garis turunan langsung dari dinasty Sorimangaraja….. sampai hari ini keluarga Sagala sangat dihargai oleh Siregar Salak terutama turunan Baringin Tumburjati di Bungabondar.

Ompu Ni Parlindungan, Ompu Darondong, Sutan Parlindungan, Raja Dongoran (Ompu Doro) dan Ja Onggang dianggap sebagai raja sahala bagi Siregar Salak karena ibu dan istri mereka adalah boru Sagala dari keluarga Sorimangaraja.

Sutan Parlindungan (cucu dari Raja Ompu Ni Parlindungan) yang tugunya berdiri di simpang Baringin Sipirok juga mempunyai pengaruh cukup kuat di daerah Angkola, sangat dekat dengan Marga Pulungan, Marga Harahap dan Marga Sagala.

Istri pertama beliau adalah dari keluarga Sagala pemangku Sori Mangaraja yang menurunkan satu orang anak yaitu Raja Dongoran Siregar (Ompu Doro).

Sepeninggal istri pertama beliau kawin dengan boru Harahap dari keluarga Raja2 Harahap di Angkola Julu (dari garis turunan Dja Gorga Harahap atau Tuanku Daulat) yang menrunkan beberapa anak seperti Ja Mangalempang (Huta Baringin) dan Ja Lintong (di Hasang dekat Bungabondar).

Di zaman Raja Dongoran (Ompu Doro) menjadi pemimpin Siregar Salak, terjadi suatu peristiwa yang sangat pelik karena adek-nya Ja Lintong pacaran dengan boru ni namboru (boru Hutasuhut), anak boru dari keluarga Ompu Ni Hatunggal dari Sipirdot-Sibadoar….itu suatu larangan dalam adat dan bertentangan dengan prinsip Dalian Na Tolu. Sudah diputuskan bahwa adeknya tersebut harus dihukum pancung di pinggiran Aek Siguti, semua orang sudah disumpah tidak akan memiliki turunan jika membocorkan dan membela terdakwa……itulah Ompu Doro begitu kuatnya DNA yg mengalir ditubuhnya bahwa family Siregar Salak harus dibangun dan dilindungi sesuai pesan Ompu Togar Natigor Siregar. Absolutely, Ompu Doro tidak setuju walaupun Ja Lintong adalah adek dari berlainan ibu……tidak sampai hati. Menolak keputusan dan membeberkan hal tersebut ke adeknya. Akhirnya selamat dan melindunginya dengan memberikan kehidupan di pinggiran aek siguti.

Ompu Raja Dongoran (ompu Doro) sendiri kawin dengan putri Sori Mangaraja dari keluarga Sagala yang pada saat itu sudah bermigrasi ke Angkola, tepatnya di Rimba Soping. Atas usulan Sutan Parlindungan sebagai penerus Kerajaan Baringin Tumburjati (Ompu Palti Raja) memindahkan keluarga Sori Mangaraja dari Rimba Soping ke Sampean – Sipirok tepat di tengah-tengah luat Sipirok sehingga lebih aman dari gangguan orang2 Toba yang dimotori oleh Singamaraja dari Bakkara.

Kemudian di zaman kepemimpinan Ompu Raja Dongoran (Ompu Doro) dipindahkan juga pusat pemerintahan Kerajaan Baringin Tumburjati ke Bunga Bondar berada di sebelah Timur Sampean….kalau secara geografi memang Bunga Bondar lebih strategis dan secure dibanding Lobu Hasona dan juga lebih dekat ke Sampean yang merupakan singgasana Sori Mangaraja (Datu Nahurnuk) dari marga Sagala Raja.

Orang paling kuat dan paling dekat dengannya adalah Ja Lintong, walaupun berlainan ibu namun selalu dilindunginya. Dikemudian hari adeknya Ja Lintong meninggal, Raja Dongoran (Ompu Doro) mengurus keponakanya dan dibawa ke Bunga Bondar. Dikemudian hari Ompu Doro meninggal dan dimakamkan di Bunga Bondar… Keputusan Ompu Doro sangat tepat, banyak turunan keponakannya yg dikemudian hari menjadi orang terpandang….dan di tahun 60-an mereka memindahkan kuburan Ja Lintong dari tepian aek Siguti ke dekat makam Ompu Doro di Bunga Bondar.

Ja Onggang yg merupakan anak dari Ompu Doro….merupakan leader dari Siregar Salak di daerah Baringin Tumburjati yg merupakan pemimpin Siregar Salak dalam pasukan Paderi yg berhasil membalaskan dendam Marga Siregar terhadap kejahatan yg pernah dilakukan oleh Dinasty SingaMangaraja.

Terima kasih terhadap agama Islam yang dibawa kedalam keluarga ini dan darah warrior yang mengalir sampai ke anak-cucu

Yang perlu kita kenang adalah perhatiannya dan visi-nya untuk meneruskan surviving keluarga Siregar Salak di daerah luat Sipirok. DNA (genetik) itu kemudian turun-temurun bagaikan aliran air surga firdaus yg mengalir ke seluruh kehidupan anak cucunya di seluruh dunia.

Begitulah Maha Besar Allah, hanya dengan DNA…manusia bisa hidup menjalani evolusinya dan mencari jalan kehidupan yg lebih baik menuju kehidupan yg lebih sempurna. Itulah DNA yg mengalir dalam darah kita yg secara turun-temurun diwasiatkan…..

1. Si Raja Batak
2. Guru Tatea Bulan
3. Saribu Raja
4. Raja Lontung
5. Toga Siregar
==> Tidak tercatat sudah lebih dari puluhan turunan selama lebih dari 1000 tahun

6. Togar Natigor Siregar: ==>1.Siregar Salak (dari br Sagala yg ditinggalkannya di daerah Salak –  Sianjur Mulana, Dairi) sewaktu terjadi percekcokan antara Dinasti SoriMangaraja dengan Dinasti Singamangaraja+Simanullang) ( 2. Sormin 3. Dongoran 4. Silali 5. Siagian), dari istri kedua setelah pelarian ke Sabatangkayu

7. Ompu Ni Sahala Raja (Ja Nabenggar alias Salakkan Raja) –> bermigrasi ke Tapsel bersama marga Sagala (Dinasti SoriMangaraja), pendiri Kerajaan Baringin Tumbur Jati
8. Ompu Junjungan –>1. Datu Baragas,2. Datu Nahurnuk,3. Datu Mangapung,4. Datu Parultop
9. Datu Nahurnuk
10. Ompu Palti Raja (Sahala Raja), pencipta Gajah Lumpat–>1. Sayur Matua (salagundi-Parausorat, tapi menurut catatan silsilah bahwa Sayur Matua adalah paman dari Sahala Raja), 2. Ompu Parlindungan (pewaris BaringinTumburjati sebagai sentral kerajaan Siregar Salak di luat Sipirok-Angkola sampai Gadu, Liang, Nagasaribu), 3. Ompu ni Hatunggal(Sipirdot-Sibadoar)
11. Ompu ni Parlindungan–>Raja Siregar Salak dan pewaris Baringin Tumbur Jati, istri br Sagala dr keluarga Sorimangaraja Dinasty==>1. Ompu Darondong, 2. Jamarmerong
12. Ompu Darondong
13. Sutan Parlindungan
–1. Ompu Doro (dr istri pertama br Sagala) –> kuburannya dekat SMP bungabondar
–>2. Ja Mangalempang (parandolok, mandurana, simagomago)
–>3. Ja Lintong, pernah dijatuhi hukuman mati namun dibela oleh Ompu Doro sebagai Raja Siregar Salak. Kemudian hari pomparna ikut Ompu DOro di bungabondar, dan thn 70-an kuburannya dipindah dari pinggiran aek siguti ke bungabondar
11. Raja Dongoran (Ompu Doro) –> Raja Siregar Salak – BaringinTumburjati, istri Br Sagala dr Dinasti SoriMangaraja. Setelah kasus Ja Lintong terjadi perpecahan di kubu Siregar Salak, kemudian memindahkan pusat kerajaan dari Lobu Hasona ke Bunga Bondar.
==>1. Ja Onggang, 2. Ja Manguhup
12. Ja Onggang: Raja Siregar Salak – Baringintumburjati yg memimpin perang balas dendam Siregar Salak (bersama pasukan Paderi) thd SingaMangaraja (Tuan Sorba Di Banua) dan keluarga Manullang yg menghancurkan kerajaan Batak Dinasty SoriMangaraja ratusan tahun sebelumnya. Yg menurut Ompung2 kita turun temurun bahwa Togar Natigor Siregar sebagai Ompu Palti Raja saat itu bersumpah akan mengembalikan kejayaan kerajaan Batak di bawah Sori Mangaraja dan membalas dendam pengkhianatan marga Sinambela (SiSingamangaraja).

Beliau beserta segenap pangeran Siregar Salak se-zamannya dan Sori Mangaraja Syarif Sagala yang membawa Islam ke Angkola-Sipirok. Dan kemudian semua turunannya Islam sejak 1800-an yang paling keras menentang Belanda sampai Indonesia Merdeka. Meninggal karena Cholera di Parlilitan setelah memenangkan perang Paderi.

Sepeninggal dari Ja Onggang, kemudian keluarga Siregar Salak dipimpin oleh Ja Sualo yang kemudian ikut memelihara anak-anak dari Ja Onggang. Sekitar 30 tahun kemudian Belanda pun sudah mulai memasuki daerah Angkola yaitu sekitar tahun 1840-an, perjuangan dilanjutkan oleh anak-anak dari Alm. Ja Onggang yang sudah Islam yakni Ja Urangan sebagai yang tertua dan Ja Ulubalang yang sangat keras perlawanannya terhadap kedatangan zending dan Belanda. Dan perlawanan tersebut bersama-sama dengan keluarga anak-anak dari pamannya Ja Lintong (sebut saja keluarga Sutan Doli) dan keluarga Pulungan yang merupakan pendukung kuat dinasty Siregar Salak dan Sori Mangaraja di Sampean. Ja Ulubalang juga masih melanjutkan tradisi kawin dengan keluarga Sagala (SoriMangaraja) dari Sampean.

Makam Sutan/Ja Ulubalang Siregar – di Bungabondar. Tadinya makam-makam di sini dipenuhi dengan batu-batu ukiran kuno yang hilang dimbil orang2 tidak bertanggung jawab

Di zaman inilah tanah-tanah milik keluarga Siregar Salak di Bungabondar diambil begitu saja sama Belanda dan diberikan kepada para pendukung Belanda. Sehingga banyak keluarga yang akhirnya menyingkir ke Gadu, Liang, Nagasaribu, Hasang dan Saba Tombak serta terus melakukan perlawanan dan tidak mau membayar pajak. Sebut saja seperti Ja Gadu yang membangun pertahanan di daerah Gadu, Baginda Dolok Sordang (anak dari Ja Ulubalang) dari Gadu/Liang dan Torbit Fajar dari Saba Tombak yang masih sering melakukan perlawanan-perlawanan yang dibantu keluarga dekat dari Marga Pulungan dari Sialiya.

Sifat pemerintahan Belanda yang sangat kolonialis dan imperialis menekan terus keluarga Siregar Salak dari kelompok Islam dan memata-matai setiap acara adat dan pengajian yan secara rutin dilakukan keluarga untuk tetap menjaga kekeluargaan. Setiap ada pengajian dan dzikir (orang Bungabondar menyebutnya dengan “mardikkir”) orang Belanda selalu menyisipkan mata-mata. Itu sudah jadi darah daging kesombongan orang Eropa, seperti apa yang dilakukan Joen P. Z Coon yang membantai orang-orang Banda yang Islam hanya untuk menguasai cengkeh.

Pendukung Belanda dibolehkan sekolah dan diberikan jabatan untuk memungut pajak dari masyarakat, sedangkan orang-orang Islam dipersulit yang memang sudah kebijakan Belanda saat itu untuk mengurangi perlawanan rakyat. Inilah yang kemudian membuat keluarga menjadi tertinggal, tertekan dan kehilangan tanah adatnya… tapi Tuhan tetap berpihak kepada keadilan, dimana Belanda terusir oleh Jepang dan kemudian Indonesia merdeka. Kemudian silsilah keluarga dimodifikasi ulang sekitar tahun 1870 – 1930-an oleh segelintir orang sehingga bayak yang kabur dan dirasa tidak sesuai dengan yang disampaikan turun-temurun.

Ada satu pertanyaan kenapa di Bungabondar tidak ada sisa-sisa kerajaan Siregar Salak:
1. Setelah kita masuk Islam disekitar akhir 1700-an, praktis telah menjadi masyarakat modern dengan sentralnya mesjid. Kalau kita lihat mesjid berada di depan kota/huta Bungabondar. Jadi budaya pelebegu yang ritualnya dilakukan di atas batu linggam sudah ditinggalkan, bandingkan dengan Lobu Hasona dan Sampean …. di sana masih ada bekas batu linggam dan pohon beringin yang sudah berumur ratusan tahun.
2. Gempa besar yang terjadi pada tahun 1892 (menurut catatan Geofisika dan Meteorologi tanggal 17 Mei 1892), semua bagas godang di Bungabondar menjadi rata tanah. Kalau kita teliti memang rumah-rumah tua di Bungabondar menggunakan tiang2 kayu bania yang umurnya mungkin sudah 300 tahun lebih.
3. Menurut wasiat turun-temurun keluarga bahwa dibelakang Bungabondar ada sebuah goa besar yg menjadi pusat pertahanan Siregar Salak, namun mulut goa tersebut tertimbun batu-batu setelah terjadi gempa besar. Dimana goa itu juga yang digunakan Imam Bonjol untuk bersembunyi dan kemudian bisa meloloskan diri ke daerah Padangbolak. Kemungkinan disana banyak tertimbun peninggalan Siregar Salak zaman dulu, karena konon kabarnya mereka mampu membeli ratusan Gajah dan kuda, sebelum datangnya Belanda mereka adalah pedagang sapi dan kuda.

Inilah bukit yang menjadi pusat pertahanan orang-orang Siregar Salak 200 tahun lalu

Note:

penulis sadar bahwa tulisan tidaklah sempurna adanya karena ini hanya merupakan cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari keluarga. Ada pun silsilah adalah berdasarkan script2 yg ditulis di daun lontar dan bambu yang sejak kecil penulis salin di buku harian penulis.

74 responses to “Sejarah Bungabondar

  1. Batak culture has millions of cultural treasures. Arts, culture and tourism are found in soil hobo made unique escorted elsewhere. Friendly community that welcomes foreign visitors. We loved Batak culture.

  2. Contentnya bagus dan sangat bermanfaat agar kita tahu silsilah turunan keluarga siregar salak, namun juga merasa sangat terharu jika membaca besarnya pengorbanan ompung2 kita siregar salak ketika berjuang melawan missionaris sekaligus imperialis belanda, alhamdulillah pengorbanan ompung2 kita berhasil dan menang mempertahankan agama islam dan akhirnya agama ini dapat diwariskan kepada kita anak2 cucunya khususnya siregar dari bunga bondar dsk… we love siregar salak bungabondar

    • Terima kasih ito, bikin tulisan juga ya di blog ini.

      Setidaknya kita bisa convey jiwa2 warrior dari pendahulu kita dan juga sebagai audit trail kepada kita untuk tau kesalahan masa lalu serta bagaimana memperbaiki ketertinggalan keluarga.

      • Mantab…aku pernah baca buku tentang sejarah batak yang berjudul Tuanku Rao, pengarangnya mangaraja onggang parlindungan.

      • Saya pernah ketemu beliau selagi masih hidup di Bandung dan beliau bilang bahwa yg nulis buku itu dan mengkompilasi sejarah itu adalah bapaknya dia Sutan Martua Raja Siregar termasuk salah satu intelektual Batak di awal tahun 1900an … beliau kan banyak berseberangan dengan Belanda perihal sejarah batak.

  3. 1. Si Raja Batak
    2. Guru Tatea Bulan
    3. Saribu Raja
    4. Raja Lontung
    5. Toga Siregar
    ==> Tidak tercatat sudah lebih dari puluhan turunan selama lebih dari 1000 tahun

    6. Togar Natigor Siregar: ==>1.Siregar Salak (dari br Sagala yg ditinggalkannya di daerah Salak – Sianjur Mulana, Dairi) sewaktu terjadi percekcokan antara Dinasti SoriMangaraja dengan Dinasti Singamangaraja+Simanullang) ( 2. Sormin 3. Dongoran 4. Silali 5. Siagian), dari istri kedua setelah pelarian ke Sabatangkayu

    7. Ompu Ni Sahala Raja (Ja Nabenggar alias Salakkan Raja) –> bermigrasi ke Tapsel bersama marga Sagala (Dinasti SoriMangaraja), pendiri Kerajaan Baringin Tumbur Jati
    8. Ompu Junjungan –>1. Datu Baragas,2. Datu Nahurnuk,3. Datu Mangapung,4. Datu Parultop
    9. Datu Nahurnuk
    10. Ompu Palti Raja (Sahala Raja), pencipta Gajah Lumpat–>1. Sayur Matua (salagundi-Parausorat, tapi menurut catatan silsilah bahwa Sayur Matua adalah paman dari Sahala Raja), 2. Ompu Parlindungan (pewaris BaringinTumburjati sebagai sentral kerajaan Siregar Salak di luat Sipirok-Angkola sampai Gadu, Liang, Nagasaribu), 3. Ompu ni Hatunggal(Sipirdot-Sibadoar)
    11. Ompu ni Parlindungan–>Raja Siregar Salak dan pewaris Baringin Tumbur Jati, istri br Sagala dr keluarga Sorimangaraja Dinasty==>1. Ompu Darondong, 2. Jamarmerong
    12. Ompu Darondong
    13. Sutan Parlindungan
    kenapa harus tidak tercatat sedangkan,amang tua /amang uda,abang,pra bisa memarkan sejarah seharusnya bisa juga dong tarombo nya dilengkapi :
    yang aku tahu dari leluhurku bahwa toga siregar memilki 4 anak laki2 dan salah satu dari ke 4 itu SIREGAR DONGORAN/Raja DONGORAN sedangkan op Doro generasi Ke 6 dari TOGA siregar sedangkan op doro adalah cucu dari DATU NARHUNUK DAN OP Parlindungan adalah anak dari Datu Narhunuk dan yang disebut op palti Raja adalah sebutan untuk DATU NARHUNUK……Kalau dilihat partuturan sejarah SIREGAR SALAH sebetulnya SIREGAR SALAK INI BERNAMA OP DORO ANAK dari DATU NARHUNUK jadi yang dimaksud kan SIREGAR SALAK yang mana SEDANGKAN yang disebut SIREGAR SALAK adalah OP DORO anak dari OP PARLINDUNGAN dan OP PARLINDUNGAN sendiri ANAK DARI DATU NARHUNUK dan DATU NARHUNUK sendiri anak dari OP DJUNGDJUNGAN yang dimaksud siregar salak dimana???sebutan SIREGAR SALAK adalah OP DORO dan OP DORO sendiri KETURUNAN Dr TOGA SIREGAR???MOHON maaf Kalau buat sejarah harus lihat dulu MARTAROMBO ????

    • Itulah silsilah yang tertulis di rangkaian bambu (bona bulu) yang aku dapatkan dari kakek kami, dan itu valid menurut runutan sejarah yang aku telusuri.

      Memang agak berbeda dengan silsilah yang sengaja di buat oleh Belanda di tahun 1932, dengan tujuan memudahkan pengaturan adat. Menurut saya silsilah itu nggak masuk akal, bagaimana bisa Raja Batak ke 105 berakhir di tahun 1860-an di Sipirok sementara Siregar cuma 20 turunan….atau apakah memang hitungnya dari Sori Mangaraja ke 90 yang berkuasa di tahun 1500-an atau …..dikarang-karang.

      Acuannya, bahwa Ompu Raja Batak yang disebut dengan Sori Mangaraja (Sri Maharaja) sudah ada sejak 1000SM – 1510 M di Sianjur Sagala Limbong Mulana, kemudian lembaga ini terdiri dari 4 raja yaitu Sori Mangaraja dari marga Sagala, Ompu Palti Raja dari Lontung, Jonggi Manaor dari Borbor dan Balige Raja dari Sinambela/Bakkara. Dan Datu Nahurnuk juga biasanya dirangkap oleh Sori Mangaraja atau dari keluarga Sagala.

      Kemudian di tahun 600M, kelompok Siregar Silo sudah memisahkan diri dengan mendirikan kerajaan Nagur di Simalungun … jadi Siregar Silo sendiri tidak mungkin cuma 20 turunan sampai sekarang ini.

      Pada abad ke-13 daerah Debata/Batak dijajah oleh India Selatan (Rajendra Cola) yang berujung pada melemahnya lembaga kerajaan Batak. Pada tahun 1510 Sori Mangaraja – XC (ke-90) dari Marga Sagala Raja digulingkan oleh pemberontakan Marga Manullang.

      1550, kemudian dipadamkan oleh Porkas Siregar, Togar Natigor Siregar sebagai pejabat Ompu Palti Raja saat itu dan Singamangaraja I/Balige Raja. Namun kemudian terpecah juga, karena kelompok Tetea Bulan tetap bersikukuh mengembalikan lembaga Sori Mangaraja dan Datu Nahurnuk ke marga Sagala tetapi SM Raja I tidak lagi patuh. Namun berujung pada pertikaian antara Sagala/Siregar dengan Bakkara dan terbunuhnya Porkas Siregar, dan menyebabkan Sori Mangaraja bermigrasi ke daerah Sipirok yang diikuti oleh Marga Siregar Salak. Terutama dengan munculnya zaman kegelapan terjadinya perdagangan budak, dimana orang2 Toba saling berperang untuk mendapatkan “Hatoban” untuk kemudian dijual jadi buruh kebun dan buruh kapal ( Hatoban – hak toba an). Banyak sekali budak2 dari Toba diperjualbelikan dan dipekerjakan Inggris di kepulauan Seychelles dan orang2 Nihe yang berasal dari Humbang, Toba dan Silindung. Kita tahu bahwa Dinasty Singamangaraj menguasai daerah Toba selama 12 generasi atau 350 tahun, waktu yang cukup lama dalam keterlambatan peradaban.

      Togar Natigor Siregar sebagai pemangku Ampu Patih Raja/ompu palti raja saat itu yang juga sebagai menantu Sori Mangaraja-90 bersumpah untuk membalas dan mengembalikan lembaga kerjaaan Batak sebagai lembaga tertinggi. Dikemudian hari beliau migrasi ke daerah Sabatang Hayu, Padang Lawas dan kemudian kawin dengan boru Gultom yang menurunkan Sormin, Dongoran, Ritonga/Silali dan Siagian. Sementara anaknya dari istri pertama br Sagala tinggal bersama dengan keluarga Sori Mangarajadi Sianjur Mulana daerak Salak, namanya Ja Nabenggar/Salakkan Raja.

      Sementara Dinasty Raja Batak, waktu itu Raja Soambaton Sagala (Sori Mangaraja XCI) bermigrasi ke daerah Angkola dengan membawa seluruh pasukan dan keluarga dekat lewat Barus, Sibolga, Batangtoru kemudian ke Rimba Soping Angkola yang didukung oleh kelompok Borbor yang sudah lebih dulu bermigrasi seperti Marga Pulungan, Harahap dan Lubis. Sudah prinsip manusia, lebih baik mencari tempat yang lebih baik daripada hidup di tanah yang penuh kegelapan.

      Kemudian Raja Salakkan Siregar pergi menemui Togar Natigor Siregar ke Sabtang Hayu, dan menemui bapaknya sudah kawin lagi dan mempunyai anak lagi yaitu Sormin, Dongoran, Silali dan Siagian.

      Raja Salakkan mendirikan kerajaan “Baringin Tumburjati” di Hasona tepat di kaki Gunung Sibual-buali, yang kemudian menurunkan semua marga Siregar Salak yang berada di daerah Sipirok. Dan kalau kita perhatikan memang linguistik orang2 Sipirok lebih dekat ke Dairi dari pada ke Toba.

      Ompu Raja Dongoran Siregar (Ompu Doro) di dalam silsilah ini tidak ada kaitannya dengan kisah Dongoran yang menurut orang Belanda adalah anak ke-2 dari Toga Siregar. Beliau hidup sekitar pertengahan tahun 1700-an dan beliaulah yang memindahkan pusat Kerajaan Baringin Tumburjati ke Bungabondar dan sekaligus raja pagan terakhir di keluarga Siregar Salak.

      1800-an, Raja Onggang Siregar anak dari Ompu Doro adalah menantu dari Raja Sori Mangaraja-100, yang bersama2 dengan Sori Mangaraja-101 (Syarif Sagala) convert ke Islam meninggalkan peradaban kuno Batak. Bagaimana bisa Sori Mangaraja sudah 101 turunan sementara kita baru sekitar belasan … ada missing link yang sengaja dihilangkan untuk memecah kekuatan Batak di waktu itu.

      Bahkan kalau dilihat dari tulisan kita juga seharusnya bangsa Batak sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu bukan 500 tahun yang lalu, mirip dengan peradaban kuno Phoenicia dan Ibrani Aramaic.

      Untuk kesamaan nama, tidak perlu bingung karena kebiasaan orang Batak memberikan nama anaknya dengan nama kakek2 mereka sebagai penghargaan terhadap family.

      Sementara Datu Nahurnuk, Ompu Palti Raja dan Sori Mangaraja adalah gelar/jabatan … namun di zaman Ompu Sahala Raja pemangku Ompu Palti Raja di Sipirok memberikan keempat anaknya dengan nama Datu. Karena zaman itu daerah Sipirok sangat religius dan mistis …. dimana persembahan manusia untuk menyampaikan pesan ke dunia atas masih dilakukan.

      Ini hanyalah sejarah silsilah keluarga Siregar Salak, tidak terlepas dari kesalahan pada saat ompung-ompung kita menuliskannya dalam rangkaian nama keluarga dalam gulungan bambu.

    • Parjolo au marsantabi sappulu tu anak ni Raja ima Gabe Rikardo Siregar Dongoran sian si Gumpar. Ahu AwaL Siregar Dongoran Anak ni Raja katurunan ni Ompu Raja Parlindungan Siregar Dongoran sian napa-napa ni Sibual-buali Baringin Sipirok.Sampe sadarion barita na dipasahat ni amanta Tuongku Parlindungan Siregar (1921-2005) tu ahu songonon ma:
      Anak ni Dongoran 4:
      1.Datu Baragas
      2.Sahala Raja
      3.Datu Mangapung
      4.Datu Parultop
      Anak ni Sahala Raja ima,Datu Nahurmuk jana anak ni Datu Nahurmuk ima Ompu Hayuara/Ompu Raja Palti, satorusna muse, anak ni Ompu Hayuara/Ompu Raja Palti istri pertama ima:
      1. Ja Manangir
      2. Ompu ni Panaluan
      3. Ompu ni Godung
      4. Ompu Tombal
      5.Subang Pahu
      Anak ni Ompu Hayuara/Ompu Raja Palti istri kedua ima:

      1.Ompu Sayur Matua Ranteomas (di Parau Sorat Sipirok)
      2.Ompu Parlindungan (Lobu Hasona Sipirok, madung di okkal (dipindahakan ke poken salasa,simpang Baringin, Sipirok)
      3.Ompu Hatunggal(di Tambatan Gaja, Tor Halihi, Sibadoar, Sipirok)

      Manurut silsilah na adong di ahu Ompu Doro adalah anak tertua dari Ompu Paralaklindungan, Nungi muse sahat tu nasadarion inda adong dipatorang amanta tu au mengenai Siregar Salak, jana di silsilah ku inda adong tertulis Siregar Salak
      Muda adong nasala di panuturan nami on parjolo hami mangido maaf
      Horas
      Awal Siregar Pdk Gede Jkt.

      aBaringibaringin

      • Tarimo kasih kahanggi, na diokkal sian lobu hasona i Sutan Parlindungan cucunya Ompu Parlindungan atau anaknya ompu darondong … sementara Ompu Parlindungan atau Mogot Laut meninggal terjatuh dan hanyut oleh banjir sungai Batangtoru sewaktu membawa migrasi marga Siregar Siagian dan marga Sagala ke angkola lewat Batangtoru.

        cerita ini saya dapat dari oppung2 kita, dan juga saya cross check memang ternyata marga Siregar Siagian ini banyak di daerah batangtoru, angkola julu sampai sijungkang dan sekitar lubukraya. Dan itulah yg menambah keyakinan saya dengan cerita2 ini.

      • Kahanggi nami, pature hamu mai sitambuk munu i…kapan2 kita bisa ketemu.

        Saya tidak merobah sedikitpun, apa yg tertulis turun temurun.

    • Parjolo au marsantabi sappulu tu anak ni Raja ima Gabe Rikardo Siregar Dongoran sian si Gumpar. Ahu AwaL Siregar Dongoran Anak ni Raja katurunan ni Ompu Raja Parlindungan Siregar Dongoran sian napa-napa ni Sibual-buali Baringin Sipirok.Sampe sadarion barita na dipasahat ni amanta Tuongku Parlindungan Siregar (1921-2005) tu ahu songonon ma:
      Anak ni Dongoran 4:
      1.Datu Baragas
      2.Sahala Raja
      3.Datu Mangapung
      4.Datu Parultop
      Anak ni Sahala Raja ima,Datu Nahurmuk jana anak ni Datu Nahurmuk ima Ompu Hayuara/Ompu Raja Palti, satorusna muse, anak ni Ompu Hayuara/Ompu Raja Palti istri pertama ima:
      1. Ja Manangir
      2. Ompu ni Panaluan
      3. Ompu ni Godung
      4. Ompu Tombal
      5.Subang Pahu
      Anak ni Ompu Hayuara/Ompu Raja Palti istri kedua ima:

      1.Ompu Sayur Matua Ranteomas (di Parau Sorat Sipirok)
      2.Ompu Parlindungan (Lobu Hasona Sipirok, madung di okkal (dipindahakan ke poken salasa,simpang Baringin, Sipirok)
      3.Ompu Hatunggal(di Tambatan Gaja, Tor Halihi, Sibadoar, Sipirok)

      Manurut silsilah na adong di ahu Ompu Doro adalah anak tertua dari Ompu Parlindungan, Nungi muse sahat tu nasadarion inda adong dipatorang amanta tu au mengenai Siregar Salak, jana di silsilah ku inda adong tertulis Siregar Salak
      Muda adong nasala di panuturan nami on parjolo hami mangido maaf
      Horas
      Awal Siregar Pdk Gede Jkt.

  4. Sebenarnya silsilah marga Batak selalu diturunkan secara lisan (tak terdokumentasi) hingga 1800an bahkan menurut J.C. Vergouwen

    Mengenai Padri

    Tuanku Mandailing, Tuanku Asahan, Tuanku Kotapinang, Tuanku Daulat, Tuanku Ali Sakti dan Tuanku Junjungan, tahun pada 1820 meninggalkan gelar Tuanku karena sikap pihak Padri/ Bonjol

    Jatengger Siregar sendiri hanya memakai gelar itu tiga har

    Mansur Marpaung (Tuanku Asahan) dan Alamsyah Dasopang dengan tegas menolak tunduk lagi lalu mendirikan dinasti baru

    Melibatkan padri sama saja dengan memasukkan kuda troya di tanah batak

    Saya sebagai Nainggolan, sesama keturunan Tatea Bulan-Raja Lontung-Saribu Raja

    tetapi lebih memilih Dinasti Raja Uti Hatorusan, pendiri Swarnadwīpa (“Island of Gold”), yang bahkan nenek moyang saya Sariburaja (yang mewarisi benda-benda pusaka dari Guru Tatea Bulan) pun tak bisa menandingi kesaktian Raja Uti, abangnya.

    “…order to go there onehad first to
    approach the king of Utsthaladvίpa. Batak legend knows as Raja Uti who had a
    boar’s head and lived on an island off the coast of Barus. All rulers, the
    Singamangaraja as well as Tuanku Barus and the king of Pagerruyung, had to offer
    him presents.” W. J. Van Der Meulen

    • Mauliate atas masukan positivenya. Memang agak sulit melacak karena di zaman penjajahan banyak silsilah yang dituliskan di daun lontar dan bambu banyak yang hilang dan terbakar karena perang yg tidak ada habis2nya samapi akhirnya kakek2 mulai sekolah di pertengahan 1800-an dan menulisnya kembali.

      Saya hanya mencoba menuliskan kembali sejarah keluarga, sebagai bahan audit trail bagi anak cucu kita untuk tidak lagi terjebak dalam percekcokan antar suku batak di masa depan. Percekcokan selama 500 tahun yg kemudian membuka mata kita bahwa bangsa Batak sudah tertinggal jauh dari bangsa2 di dunia, kita sadar setelah ditundukkan oleh Belanda dan terbentuknya Indonesia yang akhirnya menghilangkan Tanah Debata (Land of God) dari sejarah Dunia untuk selamanya.

      Padahal 3500-700 tahun lalu begitu terkenalnya dengan kamper (kapur Barus), kemenyan dan emas … seluruh Nusantara menyebut kamper dengan Kapur Barus. Value added yang hilang begitu saja….. berbeda dengan bangsa Ternate yang mampu bersatu melawan penjajah dan sampai hari ini masih mampu menghasilkan bibit cengkeh terbaik di dunia sejak ribuan tahun.

      • Ya saya juga memimpikan kembalinya kejayaan itu, bangsa besar yang terkenal sejak jaman 3000sm, bangsa yang menghimpun keturunannya dalam hukum emas sejak Periode Legenda, yang bahkan bangsa-bangsa yang berperang dengannya malah hidup dalam nilai-nilai Batak, yang wilayah keturunannya sampai ke lampung, Ompu Silamponge (buku Sejarah Daerah Lampung,1977) bandingkan dengan wilayah melayu lain yang matrilineal

        Marco Polo pernah menyebut, harga kapur barus seperti emas dengan berat yang sama! tetapi sayangnya pohon Pohon Kapur (Dryobalanops aromatica) sudah masuk tahap Critically Endangered, sedangkan sama seperti cengkeh di era modern, kapur barus semakin kehilangan nilai karena tanah yang berkurang dan banyaknya komoditas-pengganti

        Saat ini yang tersisa adalah nilai-nilai Batak yang sedang berjuang melawan liberalisme dan radikalisme, keduanya adalah sampah yang terus menggerogoti, dan kedua-duanya tidak peduli bila budaya Batak hilang

        Mengenai silsilah, belanda mungkin terlalu menyederhanakannya sehingga menciptakan kontroversi, tetapi kaum padri lah membakar bukti-bukti budaya dan sejarah, pustaha dan naskah-naskah dan berbagai produk warisan nenek moyang menurut Willer seorang civiel gezaghebber (pegawai pamongpraja), hilanglah ciri khas Tapsel, kita susah membedakan budayanya dengan budaya pesisir, zending juga sama gilanya dengan membakar berbagai pustaha dan produk datu. dekat sekali dengan “adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah” zending dan padri punya pola pikir yang sama

        Karena itu saya lebih suka dengan falsafah Alas demi menghormati adat Batak, “hidup dikandung adat, mati dikandung hukum Islam” tidak heran budaya Alas dan Gayo lebih lestari dan menarik hati seorang tokoh etnologi sekelas Profesor Akifura Iwabuchi

        Pihak netral, Belandalah yang berjasa mengumpulkan warisan budaya kita walau dalam hal ini demi mempelajari sifat bangsa jajahannya, untunglah belanda datang sebelum zending, walau agak terlambat karena tanah Batak terlebih dahulu dipenetrasi padri sehingga tokoh independen seperti Raffles dan Junghuhn mendorong pelestarian budaya asli.. jika tidak habislah budaya kita

        Saya sendiri setuju bahwa tidak mungkin silsilah Batak sependek yang dibentuk Belanda, setahu saya sebelum memperoleh istilah “marga”, dahulu misalnya kelompok keturunan Siregar adalah salah satu dari kota “polis” sama seperti di yunani kuno dimana semua polis ini tunduk pada pewaris Raja Batak, masing-masing keturunan diam dalam polis tersendiri, akhirnya semua merujuk pada Raja Batak dengan dua anaknya Guru Tatea Bulan dan Raja Isumbaon/Raja Mataniari

        Kemungkinan inilah awal periode yang disebut dalam ilmu sejarah Aditya Candra, 6000 tahun yang lalu, penghormatan pada Guru Bulan dan Raja Matahari, para leluhur asal Austronesia

        Apa yang harus dilakukan saat ini adalah mengobarkan lagi semangat yang digelorakan Sanusi Pane dan Amir S. Harahap dalam Jong Bataks Bond

        Horas
        Horas

  5. banyak versi tentang sejarah batak secara umum atau marga siregar itu sendiri… yg mana yang paling benar?? apakah Togar Natigor itu bapak kandung dari Silo, Dongoran, Silali, dan Sianggian? apakah Siregar dari Sipirok semuanya Siregar Salak??

    • @disando: sejarah mencatat bahwa transformasi budaya yg dilakukan Islam di Batak bertujuan memperbaiki praktek budaya perbudakan yg dilakukan raja2 batak yg sangat menikmati perdagangan manusia….. menjadi peradaban yg sangat humanis dan sosial serta monotheism.
      Sementara Belanda bertujuan untuk menguras kekayaan daerah Batak secara serakah dengan bantuan pra kapitalis seperti Henneman corp dari Jerman.

      @palti: berdasarkan silsilah dan sejarah siregar sipirok, semua siregar di sipirok adalah anak cucu salakkan raja yg merupakan anak pertama togar natigor siregar dari br sagala putri sori mangaraja di sianjur mula2, salak, dairi.

    • Togar Natigor – hanya salah satu yg bermarga Siregar Dongoran di abad 13 pada saat Dinasty Sori Mangaraja exile dari Kerajaan Panai – Padang Lawas ke pedalaman Dairi … zaman itu ada 2 tokoh Siregar Dongoran yang dekat ke Sori Mangaraja dari marga2 Sagala Raja yakni Porhas Siregar yg terbunuh SM Raja-1 di perang dgn Toba di Muara (nenek moyang Siregar Dongoran Sigumpar … dugaan saya itulah kuburan yg dipelintir Belanda jadi Toga Siregar untuk menarik Siregar Sigumpar pro missionaris), dan Togar Natigor yg jadi Mpu Patih Raja (Mpu Palti Raja) waktu itu exile kembali ke Padang Lawas (Sabatang Kayu)

      Anak nya Togar Natigor yang berada di Salak Dairi bersama Sori Mangaraja dari marga2 Sagala kemudian ikut migrasi kembali ke selatan karena India juga sudah tidak ada pengaruh di Padang Lawas, tepatnya ke Rimba Soping … kemudian Salakkan Raja Siregar (Ompu ni Sahala Raja) membuka kerajaan sendiri yang dinamai “Baringin Tumburjati” di Lobu Hasona Sipirok … kemudian anak cucunya dikenal sebagai Siregar Salak yang membedakan dengan anak2 Togar Natigor dari boru Gultom di Sabatang Kayu yang beliau kasih nama nenk2 moyangnya Sormin, Dongoran, Ritonga, Siagian (ini berbeda dengan Silo, Dongoran, Silali, Siagian yang dari Toga Siregar di zaman Kerajaan Panai di Portibi Padang Lawas) …. ini jugalah yang membedakan stambuk Siregar yg di Toba, Sipirok, Simangambat dan Padang lawas
      karena acuan awalnya

  6. lagi blogwalking, terdampar disini. mengumpulkan satu demi satu cerita tentang keluarga dan keturunan dari orang tua. Bulan lalu saya baru saja mendatangi bunga bondar….
    salam kenal
    Ira

  7. msh membingungkan saya silsilah ini ,sprt yg ditulis bahwa tigor natigor siregar menurunkan siregar salak , dongoran , silo , silali dan siagian, sementara generasi diatasnya tigor natigor ini disebut siregar apa? dan sprt kita ketahui bahwa siregar yg ada skrg ini ya siregar yg tersebut itu , krn dari tigor natigor siregar keatas sampe ke puncak toga siregar pasti bermarga siregar juga , dan pasti ada keturunannya sampe skrg. jadi tidak msk akal rasanya klau tigor natigor siregar menurunkan semua sub marga siregar yg ada skrg ini. dan rasanya lbh msk akal klau tigor natigor ini adalah siregar silo , dongoran silali ataupun siagian , dan siregar salak adalah sub marga dari dongoran. dan saya sendiri adalah siregar dongoran salak ( begitu kata opung saya).

    • Yang menurunkan Siregar Salak (Dongoran) yang di Sipirok adalah dari Togar Natigor Siregar … itu sejarah yang diajarkan oppung2 kita yang hidup dari 1800an sebelum stambuk diacak2 Belanda 1930an demi kepentingan penjajah dan missionaris

  8. Semangat pembahasan Klan Marga SIREGAR disini membuat saya terpancing untuk ikut berkolaborasi, Saya adalah Keturnan SIREGAR SILALI dari RAJA PAMOTO PAMOSTANG LAUT yang berdomisili di Kisaran, kami menguraikan Keturunan SIREGAR itu demikian…
    RAJA BATAK / SIBORU BASOPAET :
    1. GURU TATEA BULAN
    2. RAJA ISUMBAON

    GURU TATEA BULAN / SIBORU BASO BURNING :
    1. RAJA UTI (RAJA GUMELENG GELENG) – LK
    2. SIBORU BIDING LAUT – PR
    3. TUAN SARIBU RAJA – LK
    4. SIBORU PAREME – PR
    5. LIMBONG MULANA – LK
    6. SIANTING HAUMASAN – PR
    7. SAGALA RAJA – LK
    8. SIPUNGGA HAUMASAN – PR
    9. SILAU RAJA – LK
    10. NAN TINJO – WADAM

    TUAN SARIBU / SIBORU PAREME (Adik kembarannya dinikahi) dan SIBORU MARGIRING LAUT :
    1. RAJA LOTTUNG (Anak dari SIBORU PAREME)
    2. RAJA BORBOR (Anak dari SIBORU MARGIRING LAUT)

    RAJA LOTTUNG / SIBORU PAREME (Menikahi Ibundanya sendiri) :
    1. SINAGA – LK
    2. SITUMORANG – LK
    3. PANDIANGAN – LK
    4. NAINGGOLAN – LK
    5. SIMATUPANG – LK
    6. ARITONANG – LK
    7. SIBORU NASOMBAON – PR
    8. SIREGAR – LK

    SIREGAR / PITTA OMAS BR. LIMBONG dan OMAS PALAKKI BR. LIMBONG (Kakak Beradik Kandung) :
    1. SILO (Anak dari PITTA OMAS BR. LIMBONG)
    2. DONGORAN (Anak dari PITTA OMAS BR. LIMBONG)
    3. SILALI (Anak dari OMAS PALAKKI BR. LIMBONG)
    4. SIAGIAN (Anak dari OMAS PALKKI BR. LIMBONG)

  9. SIREGAR SALAK Sebenarnya adalah turunan SIREGAR DONGORAN Klaim sebagai anak terbungsu SIREGAR, akibatnya salah kaprah….
    TOGAR NATIGOR SIREGAR :
    1. SILO
    2. 2. DONGORAN
    3. SILALI
    4. SIAGIAN
    5. OPPU SAHALA

    OPPU SAHALA :
    OPPU JUNJUNGAN

    OPPU JUNJUNGAN :
    OPPU PALTI RAJA

    OPPU PALTI RAJA :
    1. DATU PARULTOP
    2. DATU MANGAPUNG
    3. DATU NAHURNUK
    4. DATU BARAGAS

    DATU NAHURNUK :
    1. SIGURDA
    2. OPPU NI HATUNGGAL
    3. OPPU PARLINDUNGAN
    4. SAYUR MATUA

    OPPU PARLINDUNGAN :
    1. JA MARMERONG
    2. OPPU DORONDONG

    OPPU DORONDONG :
    1. JA MANGALEMPANG
    2. JA LINTONG
    3. OPPU DORO

    OPPU DORO :
    1. JA SUALO
    2. JA ONGGANG

    Keturunan JA ONGGANG lah yang disebut SIREGAR SAHALAK (SIREGAR SALAK), nama-nama leluhur SIREGAR SALAK sama persis dengan nama-nama leluhur SIREGAR DONGORAN,

    • Bisa diterima akal, karena abangnya Togar Natigor Siregar yg bernama Porhas Siregar wafat sewaktu perang dengan SingaMangaraja-1.

      Tapi apakah ada silsilah yg lengkap dan akurat yang bisa klop dengan silsilah yg diwariskan nenek moyang saya ini?

      Saya sendiri adalah generasi ke 3 yang sudah tidak tinggal di Sipirok, pegangan saya cuma stambook tua itu.

    • Anda salah kaprah….tidak membaca secara lengkap yang saya tulis.

      Sewaktu marga2 Sumba atau Toba memberontak, ada 2 tokoh Siregar yang penting yaitu Porhas Siregar dan Togar Natigor Siregar – menantu Sri Maharaja Batta yang mengungsi dari Panai atau Angkola Mandailing ke Sianjur Mula Mula….keduanya dari clan Dongoran. Mereka berperang dengan klan SM Raja 1.

      Porhas Siregar tinggal di Muara dan dalam perang melawan SM Raja terbunuh….anak2nya turunan Raja Panlindungan banyak di Sigumpar.
      ri
      Sementara Togar Natigor sebagai pemangku Mpu Patih Raja atau disebut juga Ompu Palti Raja melanjutkan peperangan dengan pihak Toba, beliau tinggal di daerah Kerajaan Kab. Salak Dairi yang berdekatan dengan Sianjur Mula mula…..dia punya anak darI istri pertama
      yang namanya Salakkan Raja/Ja Nabenggar alias Ompu Ni Sahala Raja yang kemudian migrasi ke RimbaSoping bersama Sri Maharaja dr Marga Sagala dan berujung mendirikan kerajaan Baringin Tumburjati di Lobu Hasona – Sipirok………inilah yang disebut Siregar Salak, karena asalnya dari turunan Salakkan Raja Siregar.

      Kemudian Togar Natigor Siregar kembali ke Panai tepatnya Sibatangkayu kaein lagi dengan boru Gultom…..kemudian sesuai kebiasaan orang Angkola Mandailing menamai anak mereka dengan nama leluhur: 1. Sormin 2.Dongoran 3. Silali 4. Siagian…..itulah kenapa tidak pernah nyambung antara silsilah orang Siregar Sipirok dengan Siregar dari Simangambat misalnya apalagi dari Toba, karena beberapa hanya menulis nama tanpa sejarahnya dan sebagian mencoba mengikuti alur buku silsilah Batak yang ditulis sengaja salah oleh misionaris Belanda WM Hutagalung.

      Siregar yang anak nya Lottung itu jauh di atas, dia punya anak 4:
      1. Silo
      2. Dongoran
      3. Silali
      4. Siagian

  10. Daftar Silsilah SIREGAR DONGORAN

    I. TOGA SIREGAR
    1. Silo
    2. Dongoran
    3. Silali
    4. Siagian

    II. DONGORAN

    III. BAGINDA RAJA/SAHALA RAJA

    IV. OMPU JUNJUNGAN
    1. Datu Baragas
    2. Datu Nahurnuk
    3. Datu Mangapung
    4. Datu Parultop

    V. DATU BARAGAS
    1. Sunggu Raja
    2. Datu Nahurnuk Ingotingot
    3. Datu Bandang
    4. Datu Mangiang
    5. Sahala Raja
    6. Sahala Datu/Barita Raja

    VI. SUNGGU RAJA
    1. Ompu Matio
    2. Ompu Sidemdem

    VI. DATU NAHURNUK INGOTINGOT
    1. ? (ke Pangaribuan)

    VI. DATU BANDANG
    1. ? (ke Pangaribuan)

    VI. DATU MANGIANG
    1. Ompu Raja Sotaradu (ke Sihulambu)
    2. Ompu Raja Hutana
    3. ? (ke Silantom)

    VI. SAHALA RAJA
    1. ? (ke Pangorian)
    2. ? (ke Mandailing Julu/Pasaman)

    VI. SAHALA DATU/BARITA RAJA
    1. Takkulapa Panaraba/Sutan Muda>Sigurda (Siregar Sigurda)

    V. DATU NAHURNUK
    1. Ompu Palti Raja

    VI. OMPU PALTI RAJA
    1. Sayur Matua
    2. Ompu Parlindungan
    3. Ompu Ni Hatunggal

    VII. SAYUR MATUA
    1. Ja Parluhutan
    2. Datu Sangiang
    3. Bauk Guluan

    VII. OMPU PARLINDUNGAN
    1. Ompu Doro
    2. Ja Marmerong
    3. Ja Mangalempang
    4. Ja Lintong

    VII. OMPU NI HATUNGGAL
    1. Sutan Mula Sontang
    2. Badia Raja
    3. Ja Hatunduhan

    V. DATU MANGAPUNG
    1. Ompu Junjungan II
    2. Sapala Raja

    V. DATU PARULTOP
    1. Lambat Raja>Ompu Palti Raja II>Guru Junjungan>Ja Monangin>Sibontar Mata (Siregar Pahu)

    • Kahanggi nami, kalau kita pake silsilah ini berarti Siregar itu Kakek atau bapaknya Togar Natigor Siregar ya…. sementara zaman itu yg berkuasa Sori Mangaraja 90 dari Marga Sagala.

      Kayaknya nggak klop

  11. tolong sertakan referensi yang mampu merangkul semua siregar. ini lumayan, tapi cacatnya luar biasa. anyhow, I’m Siregar!

    • Kahanggi Nami IM Siregar,
      Tidak ada yg cacat disini, semua yang diwariskan nenek moyang harus kita simpan dengan baik karena dari merekalah mengalir DNA kita. Tanpa mereka belum tentu kita ada. Ini saya menggunakan referensi oppung saya yg lahir tahun 1905 dan dia dapat dari kakeknya yg lahir di pertengahan 1800an, ditulis di atas bambu dengan huruf batak angkola pake guratan pisau. Kemudian saya salin di atas kertas kemudian saya coba masukkan ke internet supaya tidak hilang. Saya rasa itu jauh sebelum adanya stambuk yg ditulis belanda di Tarutung dengan tujuan imperialisme.

      Jika kahanggi nami bilang ini cacat, terus bagaimana oppung kami bisa mendapatkan itu?

      Jika anda teliti silsilah yg saya buat jangan bias antara Siregar Dongoran anaknya Siregar dengan Dongoran yg di Padangbolak anaknya Togar Natigor dan Raja Dongoran Siregar yg di sipirok anaknya Sutan Parlindunga …. bukankah orang batak punya kebiasaan memberi nama anaknya dengan nama nenek moyang mereka.

      Sama halnya dengan nama Ja Onggang … itu ada beberapa nama yang sama tapi Ja Onggangnya yang mana yg menurunkan kita.

      bahkan kita sampai sekarang masih pake nama siregar untuk menghargai orang yg menurunkan kita.

      Jika kahanggi tidak ada dalam silsilah ini memang kahanggi bukan Siregar Salak yg ke Bungabondar dan bukan satu lineup dengan ancestor saya, tapi kita satu ancestor ke atas yg namanya Siregar.

    • Anda kok bisa menilai cacat dasarnya apa?
      Ini saya dapat dari pamannya kakek saya yg lahir 1860an…mereka dapat dari orangtua mereka yg ditulis turun temurun.

      Ini fakta bukan imaginasi orang2 yg coba menulis ulang dengan caranya sendiri.

  12. kami kehilangan silsilah keturunan opung kami dja kaet siegar dongoran,,apakah ada yang dihapus dari torombo?

    • Kahanggi nami, yang ada disini hanya silsilah Siregar Salak mulai dari Togar Natigor Siregar sampai sekarang (1300 – 2000M) yang bermukim di Bunga bondar dan menyebar kemudian ke segala penjuru itupun hanya turunan dari Ja Onggang Siregar.

  13. Mohon izin komen sedikit. Saya rasa sejarah tarombo seperti inilah yg betul berdasarkan versi dan keinginan Belanda. Blog ini mengikut kepada buku Tuanku Rao karangan Mangaraja Onggang Parlindungan atau MOP. Silsilah tarombo seperti ini tidak boleh diikuti dan diyakini hanya akan memecah belah persatuan Komunitas Siregar.

    • Sattabi bang New Regar Marsada,
      Seperti yang kami paparkan, inilah silsilah yg kami pegang sebelum belanda datang dan saya percaya kebenarannya.

      Perihal di atas ada Siregar turunannya Lottung masih perlu kita cross check, berapa generasi sebelum Togar Natigor Siregar di zaman pemberontakan orang2 toba terhadap lembaga kerajaan batak.

      Jika Togar Natigor Siregar sezaman SM Raja 1 dan
      Ja Onggang Siregar sezaman SM Raja 10, artinya klop sesuai sejarah perang 10 turunan.

      Kalau kita bicara Toga Siregar yg dibentuk oleh Ompu Mara Doli….kemungkinan saya ini sudah Siregar turunan ke 120 sekian.

    • Assalamualaikum Bung Regar Marsada,
      Stambok yang saya pakai adalah yg disambung2 di rangkaian bambu atau bonabulu dari org tua kakek saya yg lahir 1860an, dia jua dapat dari bapaknya artinya sudah ada sebelum Belanda datang.

      Menurut saya ini original, yang ditulis ulang orang2 antara tahun 1930 sampai 1970an banyak yang salah dan putus disana sini.

      Fakta yg tertulis secara science seharusnya lebih orisinil dari mulut ke mulut….tulisan stambok adalah symbol intelektual yang bisa bermanfaat bagi anak cucu kita.

  14. membingung khan……
    di baca artikel ini laen
    di baca artikel itu laen lagi..?
    kLo aq siregar dogoran….

    • Yang saya tulis disini adalah asal usul Siregar Salak yang diturunkan oleh Togar Natigor Siregar yang jadi Ompu Palti Raja di lembaga kerajaan Batak di era 1300an.

      Saya tidak punya silsilah yang lengkap sebelum beliau … yg bisa saya runut cuma sekitar 20 turunan.

  15. Terimakasih atas masukannya, jika kita ambil silsilah yg beredar dari toba …. tidak ada yg pass dengan silsilah yang ditulis oleh oppung2 kita selama beberapa generasi. Saya juga sadar silsilah yg mereka tulis dimulai dari Togar Natigor Siregar-seorang Maha Patih Dinasty Batak (Ompu Palti Raja), memang inilah awalnya Siregar Salak split ke Selatan.

    Siregar Salak artinya adalah Siregar yg berasal dari Salak Dairi siAnjur Mula2, yang berada di lingkungan keluarga Sori Mangaraja.

    Sementara abangnya Togar Natigor saja yg bernama Porhas Siregar yg gugur dalam pertempuran kelompok Siregar dengan Toba tidak dicantumkan dalam silsilah ini.

    Silsilah yang ada disini adalah Silsilah Siregar Salak dgn garis turunan Ompu Doro (ompu raja dongoran yg di sipirok di era 1700 an, tidak sama dgn Dongoran yg menurunkan siregar dongoran, karena sifat orang Batak memberikan nama anaknya sama dengan nama kakek2 atau paman2 mereka sebagai penghormatan). Ompu Doro/Raja Dongoran adalah anak tertua Sutan Parlindungan yg ada tugunya dipinggir jalan dekat simpang Baringin Sipirok. Beliau kawin dengan putri Sorimangaraja yg bermigrasi dari Sianjur Mula2 ke Rimba Soping Angkola, yang kemudian memindahkannya ke Sampean Sipirok dan juga memindahkan pusat Kerajaan Siregar Salak yg bernama Baringin Tumburjati ke Bungabondar.

    Ja Onggang Siregar adalah anak beliau, dialah Raja Siregar Salak yg pertama masuk Islam karena tulangnya si Raja Batak Sorimangaraja yg ke 101 Syarif Sagala masuk Islam di akhir 1700an atau di awal 1800an.

    Mohon maaf karena ini hanya silsilah keluarga yang mengalir dari Ja Onggang Siregar saja …. jika kahanggi2 disini punya tarombo lengkap kita bisa integrasikan.

    Kemudian, mungkin khanggi2 di sini ada yg rancu dengan pecahan marga siregar dibawah garis Togar Natigor Siregr. Memang beliau memberi nama anaknya yg berasal dari istri kedua dari boru Marga Gultom setelah exile ke Sabatangkayu: Sormin, Dongoran, ritonga/silali,siagian. Bisa saja Togar Natigor yg jadi Ompu Palti Raja di pertengahan 1300an ingin menghormati leluhurnya dengan harapan mereka bisa membangun kembali kejayaan lembaga kerajaan batak di masa lalu.

    Menurut saya inilah mengapa kemudian banyak marga dongoran yg di Padangbolak, sipardolokhole dan labuhanbatu yg samapai hari ini bermarga Siregar Dongoran dari garis turunan togar natigor siregar.

    Sementara jika anda bertemu dengan orang Siregar Salak yg mengerti silsilah mulai dari sipirok, angkola, dan padang bolak mereka mengaku sebagai seiregar salak…. kemungkinan untuk membedakan bahwa mereka berasal dari Salak dairi dari garis turunan boru Sagala.

    Siregar Salak adalah keturunan Ja Nabenggar atau Raja Salakkan anak pertama dan satu2nya dari istri pertama Togar Natigor Siregar yg bermarga SAGALA dari keluarga Sorimangaraja di sianjurmulamula. Beliau bermigrasi ke tapsel tepatnya di Hasona Sipirok, membangun tribes baru yang bernama Baringin Tumburjati ….. sesuai dengan kultur marga siregar yg menamai kerajaannya dengan Baringin, sementara Tumburjati diambil dari nama pohon abadi di banua ginjang yg jadi tangga ke banua toru. Jadi, Siregar Salak itu muncul sejak era 1300an.

    Saya mengambil referensi dari oppung saya kelahiran 1905, didapat dari ompungnya merupakan silsilah yg disambung beberapa generasi. Jika terlahir di awal 1900an, kemungkinan kakeknya lahir sekitar pertengahan 1800an ……sementara Belanda menciptakan silsilah Batak untuk kepentingan imperialisme di tahun 1930an. Berarti itu bona bulu yg aku dapatkan masih original seharusnya.

    Apalagi keluarga kami dimusuhi dan diawasi Belanda, mereka pasti tidak mau mengikuti apa yang berasal dari belanda.

    Problem dari stambook yg dibuat belanda ini, terutama kalau ketemu sama orang toba … menurut mereka bahwa generasi siregar mereka masih dibawah 12 Generasi artinya kalau orang dulu kawin sekitar umur 25 tahun berarti siregar mereka baru 300-an tahun. Mereka mengaku sebagai abang kita sementara dia masih siregar-10. Berarti siregar yg mereka maksud itu dimulai dari tahun 1700an …. kemungkinan itu orang2 Sormin yang merantau kembali dari Saipardolokhole ke Toba.

    Sementara Siregar Salak dimulai dari Togar Natigor sejak 1350an sudah lebih dari 20 generasi mengalir sampai ke saya…..dan juga yakin ada silsilah yang hilang selama puluhan generasi sebelum Togar Natigor Siregar. Dan memang marga Siregar itu adalah pecahan Tetea Bulan atau marga Sagala. Dari bentuk tulisan Batak seharusnya itu tulisan yg diambil dari Phoenic yg merupakan tulisan global sekitar tahun 1300 SM. Hal ini cocok dengan Sorimangaraja yg terakhir di Sipirok adalah Sori Mangaraja 101…. sudah ada lebih 100 generasi…….. jadi tidak mungkin Siregar terlahir dari bambu.

    jadi saya meyakini silsilah yang dipegang oleh oppung saya itu dan saya tetap yakin bahwa belanda ingin melakukan penghapusan sejarah Batak yang dulu kemilau itu. Bahkan Belanda bahwa bangsa kita tertutup padahal kita punya tulisan mirip bangsa pelaut phoenic dan ibrani, juga kita punya agama dan adat serta punya kapur barus yg terkenal itu, punya peternakan sapi dan punya kulit manis.

  16. Feedback for Gabe Ricardo
    Datu Nahurnuk bukan nama tapi gelar Witch Doctor atau malim tertinggi dari agama Parmalim, sebelum Sorimangaraja dari marga Sagala dipindahkan ke sampean orang2 Siregar mengangkat sendiri Datu Nahurnuk nya … tapi setelah itu dikembalikan kepada orang2 marga sagala di sampean. Jangan bias ….

    OMPU PALTI RAJA juga bukan nama, itu adalah gelar Maha Patih Raja yg merupakan Raja tertinggi dari kelompok Lottung biasanya itu Siregar.

    Togar Natigor juga ompu palti raja di zamannya dan dia lah yg fighting dengan Toba dan Singamaraja I yg waktu itu balige raja.

    Sahala Raja di Sipirok juga Ompu Palti Raja dan bahkan beliau mengangkat dirinya jadi Datu Nahurnuk juga, dialah yang menciptakan pesta Gajah Luppat dan beliau sangat cemerlang karena berhasil mengimbangi Bakkara, salah satu anaknya Ompu Raja Parlindungan (kakek dari Sutan Parlindungan yg tugunya di Baringin) berhasil membunuh Singamangaraja 4 dalam perang Silindung dan kemudian berhasil membawa marga2 Siregar tersisa di Toba migrasi ke selatan karena dijadikan hatoban dan diperjualbelikan oleh Bakkara ke sumatera Timur, Aceh dan ke Barus. Kita tahu Ompu Parlindungan lah juga yang bawa keluarga Sorimangaraja pindah dari Dairi ke Rimba Soping dengan bantuan marga Pulungan dan Harahap dari angkola….. ompu Parlindungan sendiri meninggal di Sungai Batangtoru karena kudanya terjatuh pada saat mau menyebrang terbawa hanyut banjir.

    Jika kita lihat sampai hari ini Marga Pulungan, Siregar Salak, Harahap dan Sagala merupakan kesatuan yg tidak terpisahkan sampai hari ini.

  17. Kenapa ya kita yang jelas-jelas BER MARGA SIREGAR…..dan sangat jelas Keturunan nya…..saling tidak kenal bahkan dng web ini jelas loh…hehee..dengan segala keredahan hati……ya saudara2ku….betapa bahagiaa kita saling kenal apalagi saling komunikasi……sy SOFYAN SIREGAR tLP…….0812 19 333 887

  18. Untuk Darapati Sang Patuang.
    Silsilah yang kahanggi tuliskan itu kok tidak sama dengan yg di tulis dalam silsilah keturunan ompu doro dari bunga bondar ya?

    Setahu saya Ompu Sahala Raja = Salakkan Raja, adalah ayah dari Raja Junjungan dan kakek dari Sahala Raja/datu nahurnuk/ompu palti raja 1 di sipirok.
    Sayur Matua adalah paman nya Sahala Raja/ompu palti raja, anak tertuanya adalah ompu parlindungan yg mengalahkan smraja 4.

    Ompu parlindungan punya 2 anak ompu darondong dan ja marmerong.
    Ompu darondong punya anak SUTAN PARLINDUNGAN yang ada tugunya di Baringin Sipirok, tadinya kuburannya ada Lobu Hasona bekas pusatnya Baringin Tumburjati dan sekitar tahun 60an dipindah ke simpang Baringin.

    Sutan Parlindungan punya 3 anak:
    1. Raja Dongoran Siregar, dari istri pertamanya br Sagala atau disebut Ompu Doro karena cucunya tertuanya bernama Doro br Regar anaknya Ja Onggang Siregar … kawin dengan ulubalang Pulungan di bungabondar. Beliau kawin dengan putri sorimangaraja Sagala dr rimba soping, dan dialah yg memindahkan pusat pemerintahan baringin tumburjati ke bunga bondar karena lebih dekat ke sampean dan kalau dilihat kondisi Sipirok memang Bunga bondar sangat strategy karena dulu ada goa di bukit manggonggom itu sebelum longsor di sekitar 1895….merupakan pertahanan yg lebih baik dibanding lobu hasona pagaran julu. Kuburannya berada dikompleks pekuburan parmalim bungabondar….sewaktu saya kecil dan sering ke sana banyak patung2 kuno dikuburan tersebut tapi belakangan sudah banyak yg hilang diambilin org begitu saja.

    2. Ja Mangalempang dari istri kedua, membuka huta ke baringin, parandolok dan simagomago

    3. Ja Lintong, dari istri ke 2, kawin dengan boru namboruna br hutasuhut, tinggal di hasang dekat aek siguti. Anak turunannya dibawa ompu doro dan ja onggang ke bungabondar….sekitar tahun 70an kuburannya dipindahkan turunannya dari pinggiran aek siguti ke bunga bondar.

    Beberapa stambook ada yg menulis Ja Marmerong adalah adiknya ompu doro …. seharusnya adalah oppung poso mereka.

    Raja Dongoran Siregar(ompu doro) punya anak 2:
    1. Raja Onggang di Hasona atau Ja Onggang, anak turunannya ada di Bungabondar dan Lobu Hasona tapi karena zaman belanda setelah beliau wafat kena kolera di parlilitan sepulang perang paderi, anak2 bersengketa dgn orang2 sipirok lombang dan akhirnya tukar guling lobu hasona dengan silaiya dan tanahnya marga2 siregar yg ada dekat arse… sehingga semua pindah beserta anak borunya ke bunga bondar. Ja Onggang lah seharusnya yg jadi leader Siregar dizaman Paderi, sehingga sepeninggal beliau semua mau berebut jadi Raja Baringin Tumburjati bahkan kemudian dipecahbelah Belanda dengan memberikan nama Huria. Kalau anda check anak2 Ja Onggang yg tertua beràda di sebelah hulu dan yang kecil yaitu turunan Ja Ulubalang Siregar ada di sebelah hilir/jae. Di sekitar bekas rumah godang ompu doro yg sudah roboh di sekitar 1895 karena gempa besar.

    2. Ja Sualo, tinggal di Gadu sampai Liang ….. klo nggak salah Hariman Siregar tokoh Malari adalah turunan Ja Sualo.

  19. horas marga siregar
    saya marga pandiangan anak ke 3si raja lontung
    saya kurang setuju atas bahasa yg mengatakan siregar salak dari dairi tepatnya sianjur mula mula
    sianjur mula mula tu adanya cma di samosir pusuk buhit gk ada di tempat lain atau di belahan dunia manapn apalagi saudara katakan di dairi hahahaha cacat
    dikatakan siregar salak krn dulunya ada klan siregar yg hijrah dr muara di tepi danau toba..ke daerah selatan atau sipirok..,bknnya di sipirok bnyk salak atau seperti lagu salak salak sibakuah hehehe, semenjak itulah siregar yg hijrah dr muara ke selatan dikatakan si regar salak. toh juga sebagian besar marga siregar itu tak mau lg dikatakan batak, buat saudara onggang jgn terllu menekankan yg ada pada anda, saudara jg mengatakan bhw siregar itu blom bsa dikatakan berasal dr si raja lontung, jgn mkin di buat cacat lae,sampai sampai menyalahkan etnis toba lg,siregar itu asli toba, tali pusatnya siregar itu ada d muara dan tugu siregar itu adanya di muara dan diakui srluruh siregar sedunia termasuk gubsu sumut raja inal siregar.setahu saya sisingamangaraja yg cekcok dgn mrg sregar bkn smraja pertama,hati hati saudara ntat di baca sama cucunya sisingamangaraja.mmngnya saudara dr siregar salak no brp?dan dr toga siregar no brp.? horas ma dihita sude.

    • Santabi di haha doli Pandiangan. Janganlah terlalu keras kata2 itu ampara sama kami siregar ini. Kami punya sejarah kami ampara molo sian siraja lontung. Dari huta ke huta. Jgn pikiran sempit ampara pandiangan menanggapi. Di daerah dairi ada huta salakan. Jadi jangan langsung vonis begitu ya. Pandiangan apa ampara ??? Belajar tarombo ampara tu Pandiangan Suhut Nihuta. Sinaga Suhut Nihuta dohot Sinaga Suhut Nihuta. Molo naeng mandok hata ho tu Siregar. Jolo manungkun jo ho tu marga Sinaga ateh…. Santabi da.
      Mauliate

    • Mohon maaf … itulah sejarah yang disampaikan nenek moyang kami dahulu, dan bukti sejarah Kerajaan Panai di Padang Lawas itu adalah asal usul bangsa Batak Angkola bukan dari pedalaman Toba seperti yang ditulis oleh missionaris Belanda.

      Candi Bahal di Portibi itu sudah ada sejak 600M dan Samudera Pasai itu juga sudah ada sejak 1200M, jauh sebelum Belanda datang

    • Pandiangan…
      Jangan begitu lah kawan… Siregar juga punya nama yg sama ada. Jadi jgn begitu ya kawan. Kalau mau comment ampara… Tanyakan dulu ya… Okay

  20. Santabi di angka dongan tubukku saluhutna. Horas tondi madingin pir tondi matogu….. Di hamu angka dongan tubukku : Menurut yang saya tahu : semua yang kalian utarakan itu benar. 100 % benar berdasarkan informasi dan sejarah langsung para leluhur kita masing-masing. Harapan saya jika bisa dan boleh : mari kita lekatkan dan tanamkan di lahir bathin kita semua Marga Siregar dari keturunan manapun bahwa kita bangga sebagai marga siregar. Jelas dalam sejarahnya Siregar itu adalah pemberani dan siap tempur… Kalah menang itu adalah hasil akhir dan tidak masalah. Yg jelas berani tampil dan tanding dan bukan seperti marga lain hanya mau jadi pecundang…… Jelas kan Siregar Ma i siampudan , Siregar Ma i sirintis dalan dan panglima perangnya……. Sekali lagi saya minta kepada saudara saya semua jangan ngotot membenarkan sepihak dan menyalahkan sepihak. Jujur saya katakan yang kalian ceritakan itu semua benar. Cuma belum semua kita mengetahui yang sebenarnya. Suatu saat akan indah pada waktunya asal kita mau dan setuju mengikat tali persaudaraan kita itu. Semua tarombo kita itu akan ketemu dalam posisi yang sebenarnya……. Mauliate saudaraku…. Ahu Siregar Silali Pamostang Laut.

    • Mantab tuh pra. Hingga kini darah Siregar itu masih mendarah daging buat kita2 semua…. Maju…. Teruskan…. Lanjutkan…. Satukan tekad utara selatan barat timur…. Kita siap dan harus siap untuk itu…. Horas…. Horas….

  21. Horas Tondi Madingin, Pirma Tondi Matogu.

    Buat kahanggi saya Siregar Dongoran yg tinggal dimanapun berada. Klu kita runut sejarah marga kita ini dri Limbong Mulana sampai ke Muara masih terpahami dgn baik krna cerita2 leluhur kita masih punya cerita yg sama. Namun setelah ompung kita di Muara ( Humbang hasundutan) mengalami persoalan dg marga lain sehiingga kita berperang dg sejarh yg amat panjang. Tentu sejarah marga kita ini akan kita ceritakan bersumber cerita2 ompung kita dan orangtua kita, dan terjadi perbedaan sejarah itu hal yg biasa krna marga Siregar berpencar keseluruh penjuru mata angin. Apa lagi perpencaran kita ini krna perang tentu sejarah ini ada yg tercatat dgn baik dan ada yg kurang terdokumen, kita masih bisa memahami sejarah tarombo paling2 juga sampai generasi ke 9 Siregar, selanjutnya sampai kegenerasi 18 kurang sempurna. Untuk itu saya sarankan agar dibuat penelitian ( penelusuran sejarah ) tentu harus terorganisasi dg baik sehingga kita bisa luruskan semua sejarah marga kita ini. Kita harus menitipkan sejarh yg benar pada generasi yg akan datang. Bagi marga2 yg lain ini portal Siregar jadi tdk perlu terlalu agresif mempersalahkan saudara saya ini, krna keunikan marga kami ini menjadi warna-warni yg indah pd Habatakhon pd umumnya, sangat indah utk Marga Siregar pd khususnya. Karena kami terlahir dr Raja Lontung paling belakang ( bungsu ) namun kami terdepan dalam Ilmu pengetahuan. Horas…, Horas…, Horas…

    • Saya sangat setuju dengan pendapat saudara saya. Mari kita satukan cita2 kita semua keluarga besar marga siregar. Kita besar jika kita berbesar hati menerima sejarah kita itu. Mari kita banggakan ompung kita itu… Siregar ma sirintis dalan… Siregar ma i siampudan…. Mari kita hormati haha doli kita semua mulai dari Sinaga. Situmorang. Pandiangan. Nainggolan. Simatupang. Aritonang. Siregar. Karena mereka juga sayang sama kita sebagai adeknya…. Horas.
      Dari saya : Hotlan Aryanto Siregar ( Guru Halasan Siregar )

      • Mauliate appara Hotland Siregar. Saya rasa perlu penelitian ( penelusuran ) sejarah Ompung Kita Raja Siregar . Mungkin berawal dari Lontung sampai ke Tano Parserakhan. Namun hal ini diorganisir dg baik, saya dulu menyampaikan bahwa suda seharusnya urusan pekerjaan besar ini dikerjakan yayasan siregar sedunia, hal ini bisa dilakukan jika mendapat dukungan dri tokoh2 senior Siregar baik yg ada dibona pasogit maupun yg tinggal diperantauan. Apalagi kondisi sekarang generasi muda harus rajin melakukan penelitian jagan holan ” Ninna tuninna ” krna yg dimaksut dgn fakta tdk bisa dikarang2 tapi harus menunjukkan bukti litleratur / bukti empiris tentang sebuah tulisan. Setelah ada penelitian tersebut barulah kita kampanyekan hasil penelitian tersebut kesemua penjuru mata angin dimanapun para pinompar Raja Siregar marhumaliang ( tempat tinggal / domisili ).

  22. Horas dihita saluhutna.
    Sattabi ma di halak amang sudena. Mola au marga simarmata do. Alai boru muna do na gabe parsonduk bolonku ima br. Siregar Dongoran.
    Adong naeng hu sukkun tu halak amang sude mudah2an adong na mamboto. Marpanukkun au ima tentang opung boru sian DONGORAN ( Istri ni Ompung Siregar Dongoran). Mauliate.
    Dang na mancubai parbinotoan halak amang sude, na timbul do di pikiranku boru aha do ompung boru i. Molo adong hata ku na maninggung halak amang au hela/pamoruan muna, au minta maaf. Horas…3x ( tolong balas halak amang tu FB ku chandra simarmata.)

  23. Horas
    menarik dengan cerita ini.
    Jadi menambah keyakinan bahwa ada sejarah batak yang hilang atau sengaja dihilangkan.

    Menurut kisahnya bahwa memang ada ompu kami ( yang tidak diketahui lagi nama/gelarnya ) yang hijrah ke selatan/sipirok.

    Permohonan saya kepada penulis, bolehkah saya diijinkan melihat foto lontar bambu itu?

    Terimakasih.
    Keluhuran budaya dari para leluhur harus bangkit kembali.

  24. Sattabi lae pandiangan,kalau coment itu yg bagus lae, lagi pula ngapai lae urus tarombo orang lain.Aku sangat senang ada keinginan akka Mora niba/hula-hulaku menyatukan tarombonya. Aku marga siagian / Tuandi Bangarna dan Mamak br dongoran dr bungabondar godang/br dr oppung Maragatti dongoran br sagala, isteriku br dongoran anak dr tulangku Eben dongoran br sagala.
    Horas ma dihamu sude hula-hula/mora niba didia pe hamu tinggal.

  25. Terimakasih bahat ma mora nami/hula-hula atas tarombo ni op Doro, na sian Bungabondar Godang.

  26. Berarti semua siregar yang berasa dari bunga bondar adalah siregar salak ya bang? saya sedang mencari kesiregaran saya.

  27. mamak ku asal sipirok, bunga bondar, keturunan op doro. nama oppungku Mara Akup Siregar. tinggal di jl. solo sidempuan. dari pulo bauk. minggu lalu 5/6/2023 kami baru dari bunga bondar. aku tertarik untuk belajar tarombo siregar ini. yang pernah aku dengar, oppung ni oppung ku, menikah dengan marga hutasuhut (kalau tidak salah). mereka beda agama. anak2 nya juga berbeda2 dalam beragama. ada bou oppung ku paling kecil di jakarta menikah dengan orang belanda, bernama Satour. maaf kalau pengejaan nya salah. punya 2 anak, ika dan lodewik. sedangkan saya sendiri bermarga pulungan dari sibuhuan. salam kenal tulang.

Leave a reply to onggang Cancel reply